Basil dan Oregano… 2 Herba utama Khas Cita Rasa ‘Pizza’

Oregano dan Basil adalah 2 jenis herba yang mendominasi rasa dari makanan” italia termasuk juga makanan mediterania. Oregano dan Basil adalah dua komponen herba(rempah) yang membuat cita rasa ‘roti dengan beragam topping’ yg kita kenal sebagai pizza ini  begitu istimewa. Dalam pembuatan Pizza, kedua herba ini wajib adanya, jika tidak pizza yg tersohor itu takkan berasa apa” selain rasa keju yg lengket dan sama sekali bukan cita rasa italia.

Mari kita lihat sekelumit asal muasal serta kandungan gizi dari kedua herba ini, siapa tahu pecinta Italian Food akan semakin banyak sehingga Pizza bisa menjadi makanan yg bukan lagi milik kalangan mid-high namun semakin merakyat.

Basil (Ocimum basilicum)

Keluarga Tumbuhan :

Lamiaceae (mint family).

Asal

Kelompok genus Ocimum ini tersebar di sepanjang Asia, Afrika, Amerika tengah dan juga Selatan; kelihatannya asal dari tumbuhan ini adalah Benua Afrika yg kemudian menjadi tanaman yg dibudidayakan pertama kali di India.

Sekarang ini, basil dibudidayakan di banyak Negara di Asia dan juga Negara-negara Mediteranian; eksporter utama (Untuk pasar Eropa) adalah Perancis, Italia, Maroko dan juga Mesir. Belakangan ini juga ada produksi besar-besaran di California.

Bagian Tumbuhan yang digunakan

Daunnya; keseluruhan daun basil digunakan termasuk pucuknya yang sering diambil dalam proses pemanenan. Musim panen yang cukup bagus adalah ketika basil belum berbunga. Daun Basil baiknya digunakan dalam keadaan segar, karena basil akan kehilangan ‘rasa khas’nya apabila sudah mongering selama seminggu. Meskipun begitu, dalam makanan khas Georgia Khmeli-suneli, basil kering digunakan.

Biji basil dalam beberapa masakan Thailand juga digunakan, tapi aromanya berbeda dengan daun basil.

Fresh Basil

Kualitas

Daun basil segar punya aroma yg sangat kuat, tidak dapat dibandingkan dengan herba lain meskipun ada semacam kecendrungan mirip dengan aroma cengkeh.

Kandungan Gizi

Basil memiliki kandungan minyak esensial kurang dari 1% dan minyak ini dalam variasi yg berbeda-beda. Dalam beberapa varietas yang berbeda, penggunaan penggunaan pembasmi hama, kecendrungan musim, jenis tanah dan waktu panen, sangat menentukan kadar minyak baik dalam segi jumlah maupun komposisi minyak esensial itu sendiri. Dalam aroma basil, terkandung 1,8 cineol, linalool, citral, methyl chavicol (estragole), eugenol dan juga methyl cinnamate, meskipun kandungan ini tidak diketemukan dalam jumlah besar, namun pada kenyataannya semua jenis basil mengandung minyak essensial ini, terutama basil afrika yg juga mengandung kamper (kapur barus)

Kegunaan

Basil mediteranian adalah salah satu herba yg cukup terkenal, dan sangat penting untuk cita rasa makanan Mediteranian. Aroma  manis dan tajam secara lebih khusus sangat terkenal di Italia. Karena aroma basil mudah hilang dalam proses memasak, daun basil segar yg dicacah lebih sering ditaburkan di atas makanan dingin maupun panas sebelum disajikan. Resep terkenal yg berasal dari Italia yg menggunakan metode ini adalah Capri Salad (Insalata Capris). Salad ini berisi potongan tomat yg disiram dengan saus keju mozzarella yang creamy dan juga cacahan daun basil segar serta dibumbui dengan minyak zaitun kualitas terbaik. Di Italia utara, dimana tomat tidak terlalu asam maupun manis, resep salad ini biasanya ditambahi sejenis cuka lokal (aceto balsamico)

Pasta ala genova (pesto alla Genovese) adalah makanan khas dari daerah Linguria, daerah sebelah barat laut Italia yang menggunakan basil segar. Pesto dibuat dari daun basil segar bersama dengan minyak zaitun extra virgin, kacang-kacangan lokal, dan juga keju setempat yang dikenal dengan keju parmigiano, pecorino sardo dan juga bawang putih. Pesto tentunya disajikan dengan sejenis mie italia (pasta). Selain rasanya yg sangat enak, pesto juga bisa membuat cita rasa basil tidak cepat hilang meskipun sudah didinginkan di dalam freezer.

Oregano (Origanum vulgare)

Keluarga Tumbuhan :

Lamiaceae (mint family).

Asal

Beberapa jenis dari Origanum berasal dari Mediterania, kesemuanya diperdagangkan sebagai rempah-rempah. Musim, jenis tanah sangat mempengaruhi kandungan minyak esensial pada oregano ini, namun hal itu juga tergantung varietasnya.

Varietas penting dari oregano antara lain adalah origanum vulgare (terdapat di Eropa), origanum onites (terdapat di Yunani, Asia kecil) dan juga origanum heracleoticum ( terdapat di Italia, mayoritas Negara Balkan juga Asia Barat).

Bagian Tumbuhan yang digunakan

Daun; Oregano yg dikeringkan lebih beraroma dan berasa tajam ketimbang yg segar.

Fresh Oregano

Kualitas

Beraroma tajam, hangat dan sedikit pahit. Oregano punya banyak variasi dalam intensitas aroma juga rasanya: oregano yang berkualitas baik dapat membuat lidah menjadi pedar, mati rasa, tetapi para pemanen merasa ini sesuai dengan iklim mediteranian yg sering lebih dingin.

Kandungan Gizi

Kandungan Minyak (maksimal 4%), juga mengandung beberapa kandungan dari 2 jenis phenols carvacrol dan juga thymol; lebih lanjut lagi, beberapa jenis monoterpene hidrokarbon (limonene, terpinene, ocimene, caryophyllene, ß-bisabolene and p-cymene) dan monoterpene alcohol (linalool, 4-terpineol) dilaporkan juga terkandung dalam oregano.

Kegunaan

Oregano adalah condicio sine qua non dalam makanan Italia, yang digunakan untuk membuat saus tomat, tumisan sayur dan juga daging panggang. Bersama-sama dengan basil, oregano menjadi ciri khas utama dari aneka cuisine Italia.

Jenis makanan yang selalu diasosiasikan dengan oregano adalah Pizza, sejenis open pie (roti) dengan bermacam-macam topping diatasnya. roti sejenis ini diduga kuat telah menjadi makanan lokal di Italia Selatan sejak lebih dari seabad yang lalu. Berdasarkan legenda, pizza mulai ada sejak 1889, ketika Raja Umberto dan istrinya Ratu Margherita berkunjung ke Napoli. pizza kala itu tak lebih dari sekedar roti pipih yang dilapisi dengan saus (pasta) tomat yang sangat popouler di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Untuk menghormati kunjungan ratu, para tukang roti lokal berimprovisasi dengan menciptakan pizza yang lebih kaya rasa; tak sekedar dilapisi dengan pasta tomat merah, mereka juga menambahkan keju mozzarella putih dan dengan daun basil segar hijau yang telah dicincang kasar, padanan ini melambangkan bemdera Italia. Pizza zaman sekarang, lebih dominan pada rasa taburan oreganonya ketimbang basil dan juga menggunakan bahan-bahan (rempah) yang lebih variatif.

Oregano juga bisa dikombinasikan dengan buah zaitun fermentasi dan juga dengan daun lovage ketimbang herba Italia lainnya. Oregano bisa mengharmonisasikan makanan panas dan juga pedas, sebagaimana cuisine yang populer di Italia Selatan. Makanan dari negara-negara mediterania lain agak jarang menggunakan herba ini jika dibandingkan dengan makanan Italia, tapi pada beberapa negara itu oregano menjadi herba yang cukup penting keberadaannya pada makanan Spanyol, Perancis dan juga Yunani.

Di luar wilayah mediterania, oregano secara mengejutkan, juga ternyata sangat sedikit digunakan kecuali oleh imigran-imigran dari Italia. Oregano, juga dikenal pada masakan Meksiko dan dikenal dengan nama oregano Meksiko. Oregano Meksiko tidak hanya terkenal di Meksiko tapi juga hingga ke negri seberang, Amerika Serikat. Orang Amerika sering menggunakan oregano Meksiko untuk membuat chili con carne (sejenis daging rebus dengan cabe dan kadang juga dengan kacang-kacangan) dan juga aneka makanan Hispanik lainnya. Biasanya, oregano juga dikombinasikan dengan beberapa jenis cabe lokal dan paprika, bawang putih yg sudah dikeringkan dan juga kunyit.

Terjemahan dari www-ang.kfunigraz.ac.at/~katzer/engl/spice_welcome.html

About these ads

4 Responses to “Basil dan Oregano… 2 Herba utama Khas Cita Rasa ‘Pizza’”

  1. Latiph Sheep Says:

    Rizkiana.. Terima kasih ya buat infonya… ^_^
    Basil sama oregano ada nama Indonesianyakah?

  2. Hei latiph, thanks sudah berkunjung :)

    Kalau tidak salah Basil itu diterjemahkan sebagai ‘Daun Kemangi’ dlm Bahasa Indonesia. Mungkin karena tekstur daun dan aroma khas yg mirip. Kalau oregano sih tetap diterjemahkan sebagai ‘oregano’, tapi bisa juga diterjemahkan sebagai ‘mint familiae’ karena minty leaves masih serumpun sm oregano… Itu aja yg saya tahu… semoga bermanfaat :)

  3. nice info… izin share ya… :)

  4. …tengkyuu…tp dari gambar diatas,,,bukanya daun oregano tu sama kaya daun kemangi ya..? di Indonesia biasa buat lalaban atau bumbu di pepes… :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: